Corat Coret

Corat-Coret itu Kebutuhan,

Corat-coret itu asik. Apalagi jika corat-coret menggunakan seni. Keasikannya terletak pada proses dan hasilnya. Ketika mencorat-coret saya jadi lupa kalau saya sebenarnya lagi belajar. Semprul tenan.

Kalian tahu? Kegiatan menggambar itu selalu ada dalam peradaban manusia loh? Pada zaman prasejarah misalnya, manusia merekam peristiwa-peristiwa dalam gambar-gambar. Buktinya? Wah kamu gak percayaan sekali. tuh lihat aja gambar dan lukisan di gua-gua. Katanya sih ada tapi gua apa dan dimana saya gak tahu.
 

Barangkali corat-coret itu sudah harfiah bagi manusia. Kalau tidak corat-coret berarti dia bukan manusia. Berlebihan mungkin. Tapi bukankah sejak kanak-kanak kita sudah punya hasrat itu, menggambar sesuatu, di mana pun dan kapan pun. Meski pun kadang-kadang gak jelas akan membentuk apa. 

Maka ketika Sekolah Dasar kita pun diajari seni menggambar. Saya masih ingat, ketika sedang melukis pemandangan, selalu yang saya buat adalah dua gundukan, sebuah jalan, di pinggirnya ada sawah. Dan sebuah matahari bersembunyi di antara dua gundukan itu—dan tak pernah berani muncul. Hahaha, lucu juga. Ternyata kreativitas masa kanak saya sesempit itu. 

Beberapa hari yang lalu saya belajar seni corat-coret. Maksud saya menggambar manusia dengan media pensil. Dan mulai mempraktekkannya kemarin. Segala macam foto saya coba gambar. Ada yang mirip dan adapula yang menjadi wajah orang lain yang tidak saya kenal. Barangkali saya akan terkejut, jika wajah itu dimiliki orang lain di belahan dunia lain dan saya bertemu dengannya. “Hei, wajahmu kok seperti lukisan saya? Padahal kita belum ketemu.” 

Pada dasarnya, kemampuan menggambar itu bisa dipelajari. Terutama bagi mereka yang memang minat. Sehingga dia bisa dengan ulet berlatih, kerja keras dan kemaunnya. 

Menggambar teman-teman sekalian, adalah wujud pengeksplorasian teknis dan gaya, penggalian gagasan dan kreativitas, bahkan bisa menjadi sebuah ekspresi dan aktualisasi diri. Sehingga memiliki fungsi praktis dan psikologis. Ini hasil kerja proses kerja kreativitas saya. Selamat menikmati.. hehehe 


No comments:

Post a Comment