Cara Memenggal Kata

Kamu mau menulis? Ingin belajar menulis? Ada dasar-dasar menulis yang harus kamu kuasai. Yaitu aturan dasar pemenggalan kata. Mari kita bayangkan! Kamu mengetik deskripsi tentang sebuah rumah. Kamu mulai menulis dengan bagaimana menggambarkan keadaan rumah tersebut. misalkan, “rumah itu kelihatan tua, bagian tengah sampai ke atas membungkuk. Beberapa gentengnya jatuh memberikan ruang kosong…. ”
Kamu kemudian bingung pada saat berganti baris. “bagaimana saya harus memenggal kata ini?” Katamu.
Pernah membaca buku? Saya yakin pernah. Karena lebar buku terbatas pemenggalan kata menjadi suatu kepastian. Sehingga keterampilan atau pengetahuan tentangnya mutlak dikuasai oleh penulis pemula. Ikuti dan pahami aturan ini.


1. PEMENGGALAN KATA DASAR

Kata dasar adalah kata yang belum mengalami perubahan karena imbuhan. Contohnya kerja, lempar, tulis, buku, gerak dan lain-lain. Jika sudah paham maka saya akan masuk ke pembahasan.


Jika di tengah kata ada huruf vokal yang berurutan maka pemenggalannya dilakukan di antaranya. Contoh: ma-in, si-ang, bu-ah. Kecuali huruf diftong, yakni ai, au, dan oi tidak boleh dipenggal. Contoh: aula dipenggal menjadi au-la bukan a-u-la, sau-da-ra bukan sa-u-da-ra.

Kalau di tengah kata ada huruf konsonan atau pun gabungan huruf konsonan, di antara huruf vokal, penggal saja sebelum huruf konsonan. Contoh: ga-rang, ba-pak, ge-rak, ja-sa, tu-lis, ke-nyang, mu-ta-khir.
Bagaimana bila di tengah kata ada huruf konsonan yang berurutan? Cukup penggal mereka di antara huruf konsonan tersebut. contoh lagi? baiklah. Jan-da, man-tan, som-bong, cap-lok, gen-dang.

Jika di tengah kata ada tiga huruf konsonan atau lebih, mereka harus kamu penggal di antara huruf konsonan yang pertama dan huruf konsonan kedua. Contoh: in-stu-men, ul-tra, bang-krut,

2. PEMENGGALAN IMBUHAN dan AHIRAN

Imbuhan awalan dan akhiran berikut awalan yang menagalami perubahan bentuk dan partikel yang biasanya dituling berangkaian jangan dipenggal kata dasarnya, tapi penggal imbuhannya di pergantian baris. Misal: makan-an, lempar-an, mem-beri, me-rasa-kan. Catatan penting!! Imbuhan akhiran –i jangan dipenggal, ya?
Nah, kalau sisipan lakukan seperti ini: te-lun-juk, ge-li-gi,

2 comments: