Karakter Dasar Tokoh Fiksi Kamu

Sebelum menulis cerpen atau novel, kita membutuhkan perencanaan berjalannya cerita yang akan kita buat. Banyak unsur yang ada dalam karya fiksi--maksud saya cerpen dan novel. Tetapi agar gampang dan cepat cukup beberapa hal saja yang mesti dibuat.

Oke. Dengan segala hormat tolong maafkan saya, kepada mereka yang sudah master fiksi. Yang dengan sok tahu saya telah lancang menulis tentang creative writing. Dan barangkali penjelasan saya ini agak aneh. Sebab mungkin mereka ketika menulis tidak membuat perencanaan terlebih dahulu.

Paling gampang dan mudah untuk menghasilkan karya fiksi--tetapi juga berkualitas adalah membuat outline tentang karakter dasar tokoh utamanya. Sebab karya fiksi itu, sebenarnya bercerita tentang seseorang. Mulai dari awal, pra konflik, konflik sampai konfliknya reda. Itu hanya lah perjalanan perkembangan tokoh.

Saya anggap kamu setuju dengan saya. Dan ingin mengetahui bagaimana membuat otline tentang karakter dasar sang tokoh. Baik-baik. Terlebih dahulu, izinkan saya menganjurkan kamu membaca posting saya sebelumnya di sini.Sebab ini merupakan teknik lanjutan apa yang saya sebut writing burst.

Di sana kamu sudah memiliki ide dasar tentang awal. Mari kita membuat satu paragraf tentang tokoh yang akan kita masukkan dalam ide cerita tersebut.

Tidak lengkap kalau tanpa ada contoh, bukan? Ini contoh saya, hasil dari writing burst saya begini: Seorang perempuan sedang sakit keras, hanya satu obat yang bisa menyembuhkannya. Dari satu kalimat pendek nan manis ini ada satu tokoh yang tersirat. Sekarang saya akan mendeskripsikan perempuan tersebut.

Ingat ini hanya outine, jadi tidak usah panjang-panjang. Deskripsika apa yang kamu tahu atau yang kamu pikirkan saat itu juga tentang tokoh itu dalam satu paragraf. Ya, satu paragraf doang. Dan ini contoh saya:

Perempuan itu tidak cantik kalau dilihat dari bentuk tubuh dan wajahnya. Apalagi kulitnya yang hitam.Tapi dia pandai menulis dan bergaul. Maka bagi kebanyakan laki-laki, bentuk fisiknya tak menjadi masalah. Bahkan Dony, laki-laki idola di sekolah ikut dalam barisan pengagum. Lalu kenapa dia belum punya pacar? Sayang sekali, dia sedang sakit. Penyakit langka!

2 comments: