LIBURAN SEKOLAH

LIBURAN SEKOLAH

Akhir sekolah, buku-buku ditumpuk
begitu saja di gudang di belakang rumah
dan meja belajarku akan penuh buku-buku baru.

Ibu, setahun ini aku telah belajar seni melipat kertas
sebentuk angsa, perahu, boneka sampai kembang.

Buku-buku di gudang itu, aku ingin menjadikannya
kembang mekar atau pun kembang kuncup.

Teman-temanku mengajak bermain kelereng dan petak umpet
tunggu aku bilang, aku belum selesai melipat kembang kertas.

Mereka bilang sekarang bukan waktu sekolah, tidak ada tugas
tidak tahu bahwa ini memang bukan tugas, tapi aku hanya

Ingin memberi hadiah padamu, padamu Ibu
dan semua keindahannya cuma untukmu, hanya itu.

Memang kembang ini tidak harum seperti melati
tidak juga berwarna-warni seperti magnolia.

Tapi terimalah kembang kertas ini, Ibu.

Sebab kembang ini adalah ilmu pengetahuan
yang tak akan pernah layu, jatuh lalu hilang.

Pada akhir sekolah, buku-buku ditumpuk
begitu saja di gudang di belakang rumah
aku menjadikannya kembang mekar dan kembang kuncup.



2011

1 comment: