Renungan dan Goal Tahun 2012


Tahun 2011 telah lewat dan kembali saya melihat pencapaian yang telah saya dapat di dunia tulis menulis. Saya sangat menyukai dunia ini, seakan-akan hidup saya hanya berada di situ.

Tahun 2011 saya menetapkan tujuan untuk belajar menulis cerpen, novel dan opini. Hasilnya tidak seperti yang saya harapkan. Hanya ada satu cerpen dan artikel yang masuk koran. Semuanya terbit di koran Berita Pagi. Saya memang seringkali begitu, tidak bisa mencapai goal yang telah ditentukan sebelumnya. Akan tetapi goal itu tetap saya buat. Alasannya, saya memerlukannya agar saya tetap semangat.


Ada sebuah resolusi besar dalam diri saya. Sekarang, saya tidak hanya melulu menulis puisi. Saya mulai mengenal bagaimana menulis opini, cerpen dan novel. Meski pun belum bisa-bisa amat. 

Itulah, review singkat tentang hidup saya di tahun 2011. Tetapi saya juga ingin menulis statement-statement goal dalam dunia tulis menulis di tahun 2012. Berikut statement tersebut saya buat untuk tidak saya capai. Hanya sebagai motivasi diri.

1.       Dalam satu bulan bisa menulis 10 opini

Karena di tahun 2011 hanya bisa menulis opini dalam sebulan satu buah, saya pun menargetkan 10 kali lipat perkembangan. Apa? Itu terlalu muluk-muluk? Balik kepada pernyataan statement ini tidak untuk saya capai.

2.       Menyelesaikan naskah novel

Ya, saya telah menulis naskah novel di tahun 2011. Akan tetapi belum rampung. Padahal saya sudah berencana menyelesaikannya dalam waktu 6 bulan. Eh, ternyata sampai satu tahun pun belum. Jika, dipikir-pikir naskah novel itu cukup baik. Sederhana. Dan saya pikir tidak layak diterbutkan, tetapi tetap harus saya rampungkan tahun ini. Tepatnya, maksimal bulan Maret.

3.       Rajin menulis di blog

Saya pikir blog itu lahan belajar yang menakjubkan. Sebab blog adalah sarana mempublikasikan tulisan di internet. Meski pun, saya tidak tahu seberapa banyak yang menjadi pembaca setiap blog kampung-puisi ini. Meski pun, tidak pernah mendapatkan kritik tajam yang membuat saya berkembang. Tetapi bolehlah, dilakukan untuk sekedar melatih diri dan iseng-iseng.

Dan iseng-iseng itu berkembang! Saya telah membuat blog baru. Ruang Tips namanya. Blog itu saya khususkan membahas tips pengembangandiri. Jadi sekarang saya punya 2 blog. Dua-duanya saya tidak tahu akan menjadi apa. Kecuali memposting tulisan yang terlintas dalam kepala.

4.       Mempunyai meja kerja

Ini impian saya sejak menekuni dunia ini. Sekarang dan dulu, saya selalu menulis di atas lantai. Enak, sih. Tapi dalam bayangan saya menulis di meja, apalagi disebut meja kerja untuk menulis kedengaran lebih profesional, asik dan tentu saja keren. Meski pun nanti saya tidak menghasilkan karya yang berkualitas dari sana.  

5 comments:

  1. Semoga resolusi tahun 2012 bisa tercapai ya, Pul.. :)

    ReplyDelete
  2. salam kenal untuk ayu dan penulis kampung puisi. :)

    ReplyDelete
  3. Ayu, oke...sukses juga buat proyek 50K kamu, Yu..

    ReplyDelete
  4. Rafiqotul ifadah, salam kenal juga.. kmu suka mnulis?

    ReplyDelete
  5. ini ada award buatmu pul
    http://namakuayuu.blogspot.com/2012/01/award-berantai-dari-sam.html

    ReplyDelete